Wisata Curug Nangka Bogor

Curug Nangka MOTOLOVER . Curug Nangka adalah sebuah kawasan wisata air terjun yang terletak di Taman Nasional Halimun Salak tepatnya ...

Curug Nangka
MOTOLOVER. Curug Nangka adalah sebuah kawasan wisata air terjun yang terletak di Taman Nasional Halimun Salak tepatnya di desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. 
Mencapai daerah ini bisa menggunakan angkutan umum, kendaraan roda empat atau kendaraan roda dua. Lebih cocok menggunakan kendaraan roda dua alias motor karena jalannya menggoda untuk miring-miring.
Selain wisata air terjung, di kawasan ini juga tersedia lapangan yang lumayan luas yang sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk mendirikan tenda dan kegiatan-kegiatan permainan berkelompok. 
Camping Ground (Tanpa Biaya Tambahan)

Bagi anda yang ingin merasakan bersantai di atas hammock juga bisa dengan cara menyewa langsung di lokasi. Selain itu tersedia cukup banyak warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman sekaligus tempat lesehan yang bisa digunakan untuk kongkow-kongkow bersama keluarga ataupun rombongan. 

BERANGKAT DARI PESANTREN MINHAJ SHAHABAH

Pada hari Ahad 10-02-2019 adalah jadwal kami menjenguk anak yang sedang menuntut ilmu di salah satu pesantren di kaki gunung Salak yaitu pesantren Minhaj Shahabah. Lokasi pesantren tidak jauh dari curug Nangka hanya sekitar 6.5 km. Saat sampai di pesantren muncullah ide dadakan untuk berkunjung ke curug Nangka. Akhirnya kita ber 5 meluncur menuju lokasi dengan berkendara mobil sekitar 20 menit dari pesantren. 

BIAYA PER ORANG

Pos Penjualan Tiket
Saat memasuki kawasan wisata kita akan melewati dua buah pos. Jarak antar pos sekitar 50 meter, di pos pertama dikenai biaya Rp. 7.500,-/orang dan di pos kedua dikenai biaya Rp. 12.500,-/orang. Jadi, total biaya per orang untuk masuk kawasan wisata ini adalah Rp. 20.000,-. Cukup murah untuk ukuran saat ini di tahun 2019. 

FASILITAS KAWASAN

Fasilitas parkir cukup bersih dan cukup memadai untuk motor dan dikenai biaya parkir Rp. 5000,-/motor.

Parkiran Motor
Parkir mobil disediakan disepanjang pinggir kiri dan kanan  jalan masuk dikenai Rp. 10.000,-/mobil.
Parkiran Mobil
Bergerak melewati tempat parkir kita akan disambut oleh warung yang berjejer di kiri kanan jalan. ada yang dilengkapi tempat lesehan dan ada yang hanya dilengkapi bangku-bangku panjang. Bergerak lebih jauh memasuki kawasan akan disuguhi pemandangan berupa hamparan tanah yang ditumbuhi pohon Pinus dengan trek sedikit menanjak dan monyet-monyet yang selalu standby menunggu sedekah dari pengunjung.


Monyet sedang bermain dengan HP pengunjung yang dirampas
HP nya sepertinya harus direlakan

Jarak curug nangka dari area parkir sekitar 300 meter, tapi jalannya cukup ramah untuk anda yang membawa balita sekalipun. Setelah berjalan sekitar 200 an meter kita akan ketemu dengan papan penunjuk arah yang berada di dekat sebuah warung. Dari warung ini posisi curug Nangka ada sekitar 60 an meter.
Curug Nangka ambil arah kanan


Kawasan ini mempunyai 3 curug yaitu curug Nangka, curug Daun dan curug Kaung. Dari titik ini curug Nangka berjarak sekitar 60 meter. 
Curug Daun berjalarak sekitar 200 an meter, menurut  informasi penjaga warung curug ini  tidak ada curugnya hanya berupa sebuah kolam yang airnya jernih sekali dan dimanfaatkan oleh pnegunjung untuk mandi atau berendam. 
Terakhir curug Kaung berjarak sekitar 800 meter. Curug Kaung berada di posisi paling atas, disana anda akan menemui air terjun seperti air terjun di curug Nangka, cocok untuk yang hobi trekking tapi kurang disarankan untuk anda yang membawa balita dan anak-anak.

Berhubung waktu yang tidak terlalu banyak dan juga membawa anak balita kita tidak naik ke curug Daun apalagi curug Kaung. Kita menyusuri lorong dan bermain/berendam di sekitar curug Nangka.
Menuju curug Nangka
Untuk sampai ke lokasi curug Nangka kita harus melewati lorong seperti gambar di atas yang didasarnya terdapat batu-batu dan tengah-tengahnya mengalir semacam sungai yang airnya tidak begitu dalam. Lorong yang airnya tidak terlalu besar namun jernih itu bisa digunakan untuk sekedar bermain air atau berendam ringan. Setelah berjalan sekitar 60 meter maka sampailah kita ke tujuan utama yaitu curug Nangka.
Curug Nangka
Bermain Air Pegunungan yang Jernih & Dingin

  Setelah dirasa cukup bermain air, menikmati hawa dingin dan pemandangan alam khas pegunungan maka kita bergerak meninggalkan lokasi curug menuju warung untuk  sekedar mencari ganjel berupa indomie rebus dan gorengan jajanan khas (walaupun tidak sehat) saat traveling.

Menuju Parkiran Kendaraan
Saatnya menuju parkiran untuk kembali ke Pesantren mengantarkan anak dan setelah itu meluncur pulang ke daerah Pamulang. Demikianlah cerita wisata dadakan kita berlima ke Curug Nangka di kawasan Taman Nasional Halimun Salak.


COMMENTS

Nama

Berita,26,DKM Al Mukhlisin,9,Galeri,6,Info,8,Karya Tulis,1,Kesehatan,5,Motivasi,4,Olahraga,1,Posyandu Lily,1,Profil,4,Religi,2,Tips,7,Traveling,1,
ltr
item
RW-15 Pesona Shaffa: Wisata Curug Nangka Bogor
Wisata Curug Nangka Bogor
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6SvIIuUH614sy-vi5EW_gtP0lAdQwj2DCMClC6qDEXRNVxqBTFmG6Kw9RnmNLm1_FONMs1ZPGOmchjrBS0EEeAgJcBDobDQOBZbZNlBvIyDGpWRxHIbqWHI94_NICEHlKcJ3_Hb1SNVk/s320/IMG_20190210_122307.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6SvIIuUH614sy-vi5EW_gtP0lAdQwj2DCMClC6qDEXRNVxqBTFmG6Kw9RnmNLm1_FONMs1ZPGOmchjrBS0EEeAgJcBDobDQOBZbZNlBvIyDGpWRxHIbqWHI94_NICEHlKcJ3_Hb1SNVk/s72-c/IMG_20190210_122307.jpg
RW-15 Pesona Shaffa
https://pesonapamulang.blogspot.com/2019/12/wisata-curug-nangka-bogor.html
https://pesonapamulang.blogspot.com/
https://pesonapamulang.blogspot.com/
https://pesonapamulang.blogspot.com/2019/12/wisata-curug-nangka-bogor.html
true
3853984947702465357
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content